• Sunday, 24 September 2017

Teknologi Terbaru Saingan WiFi

By , Siapalagi.com,
Hari ini

Sudah seharusnya kita tidak boleh ketinggalan jaman. Di jaman yang serba modern ini, kemajuan teknologi didunia sangatlah pesat bahkan untuk hanya memarkirkan kendaraan anda, anda harus dihadapkan dengan teknologi. Semua serba modern dan semua serba canggih. Tak terbayang apakah yang akan terjadi pada tahun 2050 kelak atau 100 tahun yang akan datang. Para ilmuwan dan para ahli teknologi tak henti hentinya mengeluarkan ide ide baru, terobosan” yang canggih dan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Contoh kecil penemuan yang sangat berguna bagi kehidupan manusia ialah teknologi WiFi.

lifi_environment

 

WiFi ialah singkatan dari Wireless Fidelity yaitu sebuah media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang sangat cepat karena media penghantarnya menggunakan sinyal radio yang bekerja pada frekwensi tertentu. Penemuan Teknologi tersebut sangatlah berguna dan bermanfaat bagi manusia sehingga pemakaian WiFi untuk mengakses internet di seluruh dunia sangatlah diminati dibandingkan dengan menggunakan alat lainnya. Tapi ilmuwan teknologi tak puas sampai disitu. Mereka menemukan alat sejenis Wifi yang terbaru yang dinamakan LIFI.

Li-Fi, singkatan dari Light Fidelity, adalah Li- Fi adalah label nirkabel untuk sistem komunikasi menggunakan cahaya sebagai pembawa bukan frekuensi radio tradisional,seperti di Wi-Fi. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Harald Haas dalam bukunya 2011 TED talk. Teknologi ini telah didemonstrasikan pada 2012 Consumer Electronics Show di Las Vegas menggunakan sepasang smartphone Casio untuk pertukaran data dengan menggunakan cahaya dari berbagai intensitas yang dilepaskan dari layar mereka , terdeteksi pada jarak hingga sepuluh meter.

lifi-technology-perfect-slides-16-638

Cara kerja dari teknologi baru Li-Fi ini sangatlah sederhana. Anda harus memiliki sumber cahaya di salah satu ujung seperti LED, dan juga sumber cahaya lain seperti detektor foto (Light Sensor) di ujung lainnya. Begitu LED mulai bersinar, foto detektor atau sensor cahaya pada ujung lainnya akan mendeteksi cahaya dan diartikan sebagai biner 1. Bagaimana data akan dikirimkan melalui teknologi Li-Fi ini? Menyalakan cahaya LED dalam jumlah tertentu akan membuat sebuah pesan tertentu yang akan dikirimkan. Kilatan cahaya tersebut kemudian akan ditangkap oleh detector cahaya yang akan menerima pesan yang disampaikannya tersebut. Sekarang, bayangkan jika ada beberapa LED dengan warna yang berbeda, berkedip bersama-sama dan membangun informasi yang sangat besar untuk dikirimkan secara sekaligus. Untuk saat ini bisa diperkirakan jika laser warna hijau dan laser warna merah digunakan secara bersamaan akan dapat mengirimkan data pada kecepatan 1 Gbps.

Keuntungan terbesar dari teknologi Li-fi ini adalah kemudahan akses internet di berbagai daerah terpencil yang tidak bisa dijangkau oleh kabel optik, selain itu Li-fi juga dapat digunakan untuk memperluas jaringan nirkabel di rumah, sekolah, bahkan kantor. Teknologi Li-Fi juga dapat digunakan untuk mengontrol kondisi lalu lintas dengan menempatkan teknologi baru ini ke LED mobil. Hal ini juga dapat digunakan dengan lampu overhead pesawat. Selain keunggulan yang dimilikinya tersebut, teknologi Li-Fi juga memiliki beberapa tantangan yang harus dihadapinya. Teknologi Li-Fi memerlukan line-of-sight yang sempurna untuk mengirimkan data. Tantangan berat lainnya dalam harus dihadapi oleh teknologi li-fi ini, yaitu bagaimana caranya data dapat dikirimkan kembali ke pemancar secara optimal.