• Thursday, 23 November 2017

Google Glass

By , Siapalagi.com,
Hari ini

Ketika Google mengumumkan kehadiran kacamata pintarnya, Google Glass, banyak yang mulai bertanya-tanya secanggih apakah kacamata ini. Berawal dari konsep, Google kemudian mendemonstrasikan kecanggihan Glass tahun lalu. Dari munculnya film pendek berjudul “One Day” yang menceritakan pengalaman menggunakan Google Glass di Youtube, hingga muncul dihadapan publik yang langsung digunakan sendiri oleh Sergey Brin, sang co-founder Google, di beberapa kesempatan.

Di tahun 2012 lalu, Google secara resmi mengumumkan kehadiran Google Glass yang diedarkan untuk kalangan developer. Dan untuk mendapatkannya pun Anda harus menyetujui beberapa persyaratan yang telah ditentukan. Untuk mengurangi rasa penasaran Anda, berikut ini kami jabarkan segala sesuatu yang perlu Anda ketahui dari Google Glass.

Google-Glass-1

1.Google Glass dan teknologi Augmented Reality (AR)
Google Glass dan teknologi AR memang tidak bisa dipisahkan. Karena memang kacamata ini dirancang dengan berdasarakan teknologi Augmented Reality yang menawarkan segala informasi langsung kehadapan Anda kapan pun Anda inginkan.

2.Bagaimana cara kerja dari Google Glass?
Google Glass hadir berupa kacamata, seperti kacamata baca pada umumnya. Hanya saja bagian kacanya ini merupakan layar yang dapat menampilkan informasi yang Anda inginkan dan kunci utama menggunakan Google Glass adalah lewat perintah suara, tanpa perlu lagi harus menggunakan tangan seperti smartphone.

3. Apa spesifikasi Google Glass?
Hingga saat ini Google masih menutup rapat spesifikasi resmi Google Glass. Namun jika dilihat dari fitur, wujud serta video yang kami lihat, bisa ditarik beberapa kesimpulan yaitu:
- Terdapat layar LCD transparan untuk menampilkan informasi
- Google Glass memiliki kamera yang sanggup digunakan untuk memotret dan merekam video
- Koneksi 3G/4G, mengingat Google Glass perlu terhubung ke Internet untuk lebih optimal dengan mesin pencari Google atau sekedar mengirim pesan singkat (SMS)
- Koneksi lain tersedianya Bluetooth atau WiFi. Ini untuk memungkinkan Google Glass terhubung ke perangkat gadget lain seperti smartphone atau tablet PC.
- Sistem Operasi Android
- GPS
- Sensor Gerak, gunanya untuk navigasi seperti melakukan scroll atau memilih menu Anda hanya perlu menggerakkan kepala saja
- Voice Input dan Output. Inilah kecanggihan dari Google Glass. Untuk berkomunikasi dengan Google Glass Anda cukup menggunakan suara karena kacamata ini telah dilengkapi dengan perintah suara dan dapat menjadi asisten pribadi Anda dengan kemampuan voice outputnya.

4. Fitur apa saja yang ditawarkan Google Glass?
Dengan antarmuka yang sangat sederhana Google Glass menawarkan beberapa fitur. Dan untuk menikmati seluruh fitur yang ada pada Google Glass, Anda cukup mengawalinya dengan kalimat “Ok Glass”. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Google Glass yaitu:
- Mengambil Foto dan merekam Video : katakan “take a picture” dan kacamata ini langsung otomatis mengambil foto yang Anda inginkan
- Fitur Berbagi ke jejaring sosial: Anda dapat langsung berbagi foto atau video yang Anda ambil ke teman-teman Anda yang ada pada lingkaran Google Plus
- GPS: Anda tidak akan mungkin nyasar dengan dukungan peta dari Google Maps yang akan langsung muncul di hadapan Anda
- Kirim Pesan: Pilih menu pesan dan hanya dengan membacakan pesan yang Anda inginkan, maka kacamata ini akan langsung mengirimkannya ke teman Anda
- Googling atau cari info langsung ke Google: Anda bisa menanyakan apa saja ke Google Glass dan kacamata ini akan otomatis mencari jawabannya di Google.
- Google Translate: Dengan dukungan Google Translate, kacamata ini bisa menjadi penerjemah Anda yang tidak butuh makan dan minum.
- Asisten Pribadi: Google Glass dapat mengingatkan dan menampilkan informasi jadual yang Anda buat tanpa perlu diminta.